Monday, December 27, 2010

Cara Mematikan Fungsi Auto Run Di Windows XP


Windows XP sangat rawan terjangkit berbagai virus berbahaya. selalu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, menularnya virus adalah melalui media penyimpanan USB Disk (flashdisk). Tanpa disadari, usai USB Disk ditancapkan, virus tersebut beraksi menjangkiti sistem operasi. Padahal, kita belum menyentuh satu berkas-pun yang tersimpan dalam USB Disk. Perilaku bawaan Windows XP, setiap kali kita menancapkan USB Disk maupun memasukan CD-ROM, secara otomatis Windows XP melakukan proses memindai berkas autorun.inf untuk menjalankan sebuah aplikasi. Hal ini sering dimanfaatkan pembuat virus buat menularkannya ke setiap komputer. Nah, salah satu cara maupun langkah-langkah untuk mencegah (me-minimalisir) menularnya virus pada Windows XP adalah dengan mematikan fitur Autorun (autoplay). Selain itu, menghemat waktu, Windows XP tidak perlu melakukan pemindaian pada USB Disk yang kita colokkan.

Untuk mematikan Autorun tersebut, salah satu jalan yang paling mudah adalah menggunakan aplikasi TweakUI, merupakan salah satu aplikasi dalam paket Microsoft PowerToys for Windows XP. Aplikasi ini berfungsi memodifikasi registry windows, jadi tinggal memilih penyetelan yang kita inginkan.

Terdapat dua versi, TweakUI versi 2.10 untuk Windows XP dengan Service Pack 1 dan yang terbaru. Sedangkan, TweakUI versi 2.00 untuk versi awal Windows XP tanpa service pack.

Cara mematikan fitur Autorun, bukalah TweakUI selanjutnya pilih menu My Computer > AutoPlay > Drive, non-aktifkan dengan cara menghilangkan tanda centang pada pilihan semua drive dari A hingga Z.


Berikutnya, menuju menu My Computer > Autoplay > Types, non-aktifkan Enable AutoPlay for removable drive serta mematikan Enable Autoplay for CD and DVD drive.

Tutorial ini merupakan salah satu cara untuk mencegah penularan virus, masih ada jalan lain penularan virus komputer. Tergantung masing-masing perilaku pengguna komputer, mewaspadai berkas-berkas yang dirasa aneh, memindai USB Disk yang dicolokkan dengan antivirus, serta pastikan selalu memperbarui database antivirus yang digunakan.

Cara mematikan autorun dan autoplay pada windows

Jika anda memasukkan sebuah keping DVD atau CD kedalam DVD room terutama yang kita masukkan adalah sebuah DVD yang berisi program instalan maka windows akan menjalankan autorun atau autoplay-nya. Hal ini tentu dapat sedikit memperlambat pekerjaan kita karena yang kita butuhkan hanya ingin mencopy beberapa file didalam DVD tersebut. Biasanya muncul pertanyaan “apakah anda ingin mengcopy dengan program bakar windows XP?”. Fungsi yang bertanggung jawab untuk menjalankan program dalam CD secara otomatis adalah autorun. Dalam Windows XP dan Windows 2000 fungsi ini dapat dimatikan dengan mudah melalui start -> run, ketikkan nama file ‘gpedit.msc‘ tanpa tanda petik, lalu buka cabang administrative template -> system, kemudian cari disisi kanan jendela kalimat ‘turn off autoplay‘ lalu pilih enabled pada radio button dan konfirmasikan dengan mengeklik OK dan dalam windows 2000 entry-nya adalah ‘turn off auto playback‘.

Anda juga dapat mematikan fungsi autoplay ini pada windows explorer dan cara ini lebih simpel yaitu klik kanan pada drive CD/DVD anda dalam windows explorer. Buka properties-nya pilih tab ‘autoplay’ klik radio button ’select an action to perform’. Selanjutnya pilih salah satu dari content type yang bernama ‘take no action‘ dan langkah terakhir kik OK maka tak ada lagi pertanyaan “apakah anda ingin mengcopy dengan program bakar windows XP?”.

No comments:

Post a Comment

Urutan Warna Kabel LAN yang Benar Jenis Straight & Cross   Urutan Warna Kabel LAN Kabel LAN memiliki 8 warna kabel yang berbeda....