Tuesday, December 21, 2010

Cara mengganti icon B di Blogspot

Icon favicon adalah icon kecil hurup B berwarna orange, (icon ini akan terlihat bila sobat menggunakan blog dari blogspot milik google di pojok atas sebelah kiri, tepat nya berada di bagian address bar sebelah kiri, contoh nya seperti favicon blog saya ini, Gimana, kerenkan lalu bagaimana cara mengganti / merubah icon nya ?, berikut langkah-langkah nya.  
  • Buatlah / siapkan lah sebuah icon kecil berformat .ICO bila sobat tidak punya file gambar berformat .ICO file gambar berformat lainpun bisa koq contoh : .GIF .JPG .PNG .BMP dan .TIFF (ukuran nya sekitar 16px X 16px) untuk di jadikan favicon, atau bisa juga sobat mencari icon nya di google image atau di http://www.photobucket.com/, http://www.imageshack.us/ dll.
  • Bila sobat sudah dapat icon nya, sekarang sobat daftar ke situs 'iconj' (sebenar nya tanpa daftar pun bisa, tapi saya sarankan lebih baik daftar, gratis koq) setelah anda menjadi member, lalu login dan upload file icon favicon anda, di situ ada pilihan sharpen (ketajaman) icon, pilih ketajaman nya sharpen +1, +2, +3, atau tidak sama sekali. Bila sudah di upload sekarang klik menu 'my favikon code', lalu copy kode nya, Contoh kode nya seperti ini : 
<!-- iconj.com dynamic favicon code -->
<link rel="shortcut icon" href="http://www.iconj.com/favicon.php?user=...." type="image/x-icon" />
<link rel="icon" href="http://www.iconj.com/favicon2.php?user=...." type="image/gif" />
<!-- end of iconj.com dynamic favicon code -->

Note : situs iconj memberi banyak pilihan icon favicon untuk blog anda, anda bisa langsung pilih dan di jadikan default icon blog anda.

  • Login ke blogger dengan memakai account blogger anda, klik tata letak >> edit html, 'klik kotak expand widget' lalu masuk ke kolom kode template html/javascript kemudian cari kode ]]></b:skin> , Oke, sudah ketemu, bila sudah ketemu kode nya, sekarang paste kode yang anda copy tadi di situs iconj kemudian letakkan di bawah kode merah, awas jangan sampe salah meletakan nya, harus di bawah kode ]]></b:skin>  Contoh kode bila semua di satu kan, seperti ini. : 
]]></b:skin> 
<!-- iconj.com dynamic favicon code -->
<link rel="shortcut icon" href="http://www.iconj.com/favicon.php?user=...." type="image/x-icon" />
<link rel="icon" href="http://www.iconj.com/favicon2.php?user=...." type="image/gif" />
<!-- end of iconj.com dynamic favicon code -->
bila semua proses sudah selasai sekarang klik menu 'simpan template'.

Tips: Untuk anda yang kurang puas dengan icon favicon blog nya, dan ingin mengganti, cara nya mudah tanpa perlu kembali edit html/javascript, Caranya gini anda hanya perlu kembali mengunjungi kembali situs iconj lalu login. Bila anda sudah masuk, upload kembali icon baru yang sobat kehendaki untuk mengganti icon yang lama. 
Lalu bila proses upload sudah selesai, sekarang klik menu 'my default favicon' setelah itu anda akan masuk ke halaman baru, lalu cari kotak kolom icon, nah sekarang klik icon baru yang baru saja anda upload, kemudian klik lagi menu yang berada di bawah kotak kolom icon, 'set up my default favicon' oke, sekarang anda logout, refresh kembali halaman blog anda, lihat hasil nya, sekarang icon favicon anda sudah berubah lagi.
Nah itu sebabnya kenapa saya menyuruh anda menjadi member di situs 'iconj', karena agar anda bisa dengan mudah mengganti icon favicon tanpa perlu edit kembali kode html/javascript.

  • Kalau cara lain misalnya ke http://imageshack.us, http://photobucket.com dll, kemudian upload gambar yang anda inginkan dan jangan lupa setelah proses upload selesai, copy paste Link/URL-nya, letakkan dibawah ]]></b:skin> contohnya : 

]]></b:skin>
<link href=' http://i977.photobucket.com/albums/ae258/SPN_photo/Favicon-Animasi.gif' rel='shortcut icon' type='image/vnd.microsoft.icon'/>
 Bila selasai sekarang klik menu 'simpan template' & lihat hasilnya.
Oke, selamat mencoba mengganti-ganti icon favicon.

No comments:

Post a Comment

Urutan Warna Kabel LAN yang Benar Jenis Straight & Cross   Urutan Warna Kabel LAN Kabel LAN memiliki 8 warna kabel yang berbeda....