Thursday, March 10, 2011

MEMBUAT WEBMAIL GRATIS UNTUK SITUS ANDA

Tabel of Content:
A. Membuat WebMail Gratis
     a.1 Mendaftar Menjadi Anggota di E-mail Service Provider
     b.2 Men-setup WebMail
B. Mengintegrasikan dengan Domain
Salam,
       Mari kita lanjutkan artikel berikutnya dari artikel sebelumnya ("Membuat Website Gratis Tanpa Iklan".
Tujuan dari artikel kali ini adalah bagaimana menjadikan website kita bisa mendapatkan pengujung lebih banyak dan memanfaatkan situs kita dengan lebih baik. E-mail adalah sarana komunikasi interaktif yang paling banyak digunakan di internet setelah chatting. Jadi, e-mail juga merupakan kebutuhan primer pengguna Internet. Dengan menyediakan layanan E-mail gratis untuk pengunjung kita (pengguna Internet), maka secara otomatis mereka akan terikat dengan situs kita. Dan setiap kali mereka ingin menggunakan e-mail mereka, dapat dipastikan mereka akan mengunjungi situs kita.
Mari kita memulainya:
A. Membuat WebMail Gratis
a.1 Mendaftar Menjadi Anggota di E-mail Service Provider
        Untuk menggunakan layanan E-mail Service Provider, bisa memilih sendiri sesuai dengan yang kita inginkan; BigMailBox, Everyone, Gawab, dan lain-lain. Dalam kasus ini, kita menggunakan layanan dari Gawab, karena mereka menyediakan layanan pembuatan e-mail untuk domain kita secara instant. Berbeda dengan BigMailBox dan Everyone, walapun mereka menyediakan layanan yang sama hanya saja permohonan kita untuk menjadi anggota mereka membutuhkan survey dan prasyarat yang menjemukan.
1. Browse ke sini
2. Pilih , dan klik untuk memulai pendaftaran menjadi anggota (member)
3. Klik untuk memastikan bahwa kita benar-benar menginginkan layanan gratis dari mereka.
4. Isilah form pendaftaran sesuai dengan yang Anda inginkan, jangan lupa field form dengan tanda * adalah  wajib diisi,klik tombol untuk melanjutkan proses. Tunggulah beberapa saat dengan sabar, soalnya proses ini mungkin sedikit lama.
5. Jika proses diatas telah selesai, maka secara otomatis Anda akan mendapatkan balasan E-mial dari mesin server mereka. Isinya kurang lebih seperti berikut ini:
6. Sekarang mari kita browse lagi ke sini untuk memulai men-setup layanan e-mail gratis untuk situs web kita.
       b.2 Men-setup WebMail
1. Setelah Anda login ke sini, maka Anda akan dihadapkan pada interface Webmaster's Management Console
2. Klik tombol untuk memulai membuat layanan e-mail gratis. Setelah muncul PopUp welcome screen (pastikan browser Anda mendukung popup), lanjutkan dengan mengklik tombol .
3. Pilih , kemudian klik tombol
4. Pada bagian "Enter you Full Domain Name" masukkanlah domain Anda secara penuh, misalkan , kemudian klik tombol
5. Pada bagian , masukkanlah alamat e-mail Administrator yang menangani DNS MX Record. Dalam kasus ini, karena Anda adalah pemilik domain dan pengurus domain Anda sendiri, maka isikanlah dengan e-mail Anda sendiri. Tapi jika orang lain yang mengurus domain tersebut, maka isikanlah dengan e-mail orang yang mengurus domain Anda. Kemudian klik tombol
6. Kemudian pilihlah Default Theme yang Anda inginkan, misalkan , dan pilih , kemudian klik tombol
7. Masukkanlah url logo untuk webmail Anda, misalkan , ukuran logo ideal adalah 112x82, dan juga masukkan url situs Anda, agar nantinya jika logo tersebut diklik akan  menuju situs Anda, misalkan , kemudian klik tombol
8. Pada bagian "Redirecting URL", masukkan alamat situs Anda, misalkan , kemudian klik tombol
9. Kemudian Anda akan diminta untuk mengisi ucapan selamat datang ("Welcome To"), misalkan diisi , kemudian klik tombol , tunggu beberapa saat hingga proses selesai.
10. Jika semuanya berjalan lancar, jangan tutup dulu browser Anda yang berisi "Webmaster's Management Console". Sekarang kita lanjutkan ke bahasan berikutnya.

B. Mengintegrasikan dengan Domain

   1. Buka jendela baru dari browser Anda, dan browse ke Control Panel hosting Anda di sini, kemudian login lah.
   2. Setelah Anda berada di dalam area Control Panel, klik icon
   3. Gantilah type MX yang ada dengan value yang baru yaitu "mail.gawab.com", misalkan , kemudian klik tombol yang berada disampingnya untuk memproses perubahan baru terhadap MX record yang ada.
   4. Jika semuanya berjalan lancar, maka akan muncul komentar berikut:
   5. Sekarang mari berpindah ke jendela browser lainnya (Gawab) yang berisi "Webmaster's Managemen Consol" Anda
   6. Pada bagian , pilihlah domain Anda, misalkan , kemudian klik tombol
   7. Sesaat setelah proses Activate selesai akan muncul komentar "", abaikan saja, klik tombol back browser Anda untuk kembali ke console anda semua. Refresh/reload browser Anda.
   8. Jika pada bagian terdapat domain Anda, maka semua proses sudah selesai. Selanjutnya terserah kreasi Anda sendiri.
   9. Untuk melihat halaman form login dan register member baru webmail domain Anda, bisa browser ke http://www.gawab.com/login.html?domain=NamaDomainAnda.web.id

Tips:
Dari Form Login dan Register User webmail Anda bisa berkreasi sendiri, view source code nya, kemudian modifikasi sesuai keinginan Anda. Lalu anda simpan ke halaman html baru dan upload ke server hosting Anda.

No comments:

Post a Comment

Urutan Warna Kabel LAN yang Benar Jenis Straight & Cross   Urutan Warna Kabel LAN Kabel LAN memiliki 8 warna kabel yang berbeda....