Monday, April 23, 2018

Setting dan Konfigurasi Router Cisco – part1

Kemaren ada temen yang nanya bagaimana setting router cisco. Kebetulan waktu kuliah aku pernah belajar bagaimana setting router.
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk setting dan konfigurasi router. Berikut adalah beberapa cara yang umum digunakan.

Console

Cara yang paling aman dan mudah untuk mengkonfigurasi router. Cara ini yang akan dibahas pada posting kali ini. Cara ini menggunakan software bantuan hyperterminal yang sudah secara default terinstall di Windows XP.

Telnet

Cara ini kurang aman karena user memasukkan username dan password router dalam format plain text tidak terenkripsi. Cara ini menggunakan bantuan command prompt pada windows atau terminal pada linux dengan mengetikkan telnet.

SSH

Cara ini lebih aman dibandingkan dengan telnet, karena username dan password yang dikirim ke router di-enkripsi. Cara ini dapat dilakukan dengan bantuan software putty atau ssh client.

Web login

Cara ini menjadikan router sebagai web server. Cara ini kurang aman sehingga banyak administrator jaringan menonaktifkan fitur ini. Software bantuan yang dibutuhkan adalah web browser seperti IE, Mozilla Firefox, Opera, Chrome, dll. Cara setting-nya cukup mudah, cukup memasukkan alamat IP router ke URL browser anda.
Untuk bisa setting dan konfigurasi router secara console, diperlukan beberapa tool dan software. Berikut ini adalah tool dan software yang diperlukan.
  1. Router cisco. Tentu saja kita butuh router yang ingin kita setting
  2. Desktop PC yang ada konektro RS 232
  3. Kabel rollover untuk koneksi dari router cisco ke PC
  4. Hyperterminal, bisa diganti dengan putty atau minicom
Lihat gambar di atas. Perhatikan port console yang nanti akan kita gunakan untuk dihubungkan ke PC.
Perhatikan serial port yang nanti akan kita gunakan untuk menghubungkan PC dengan router. Serial port atau port RS232 ini mirip dengan port VGA. Jangan sampai keliru. Kalo kamu pake laptop, laptop jadul dan beberapa laptop baru khusus engineer mungkin ada port RS232. Tapi kalo laptop yang baru yang biasa nggak bakal ada port RS 232-nya. Untuk mengakalinya, kamu bisa pake konektor serial to USB. Ada tips dan trik memilih serial to USB yang bagus. Jadi jangan sampek salah pilih ya. Kalo belum tahu serial to USB, lihat gambar di bawah ini.

Gambar di atas adalah gambar kabel rollover yang akan digunakan untuk menghubungkan router dengan PC.
Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengkonfigurasi router cisco.

Mengkoneksikan router ke PC

Ambil kabel rollover yang berwarna biru muda dan hubungkan ujung konektor RJ45 ke port console yang ada di router. Sedangkan ujung kabel rollover dengan konektor RS232 dihubungkan ke PC. Lihat gambar di bawah ini.

Setting parameter hyperterminal

Buka hyperterminal di Start >> All Programs >> Accessories >> Communications >> Hyperterminal. Kemudian akan muncul window untuk membuat koneksi baru. Silakan masukkan nama koneksi terserah anda. Kemudian klik OK. Lihat gambar di bawah ini.
Pilih port COM-nya. Misal COM1. Lihat gambar di bawah ini.
Set parameter bit per second, data bit, parity, stop bit dan flow control dengan nilai 9600,8,N,1,N kemudian klik OK lalu nyalakan router. Lihat gambar di bawah ini.
Kalau koneksi udah bener, nanti akan muncul tulisan dari hyperterminal. Kayak gini capturenya.

Konfigurasi sederhana pada router

Nah, kalo udah muncul tulisan kayak di atas, router siap diconfig. Bagaimana mengkonfigurasi router?? Akan kita lanjutkan pada postingan selanjutnya. Terima kasih buat yang udah mau baca. Budayakan meninggalkan comment. He46x 😀

Sumber_almaadin

No comments:

Post a Comment

Urutan Warna Kabel LAN yang Benar Jenis Straight & Cross   Urutan Warna Kabel LAN Kabel LAN memiliki 8 warna kabel yang berbeda....